Pengertian-pengertian pada Getaran Torsi

1.    Gerak harmonik adalah gerak osilasi dimana suatu sistem dalam keadaan setimbang statis maupun dinamis, apabila dalam sistem demikian disimpangkan.
2.    Frekuensi adalah banyaknya siklus yang dapat diselesaikan dalam satu satuan waktu.
3.    Periode adalah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu siklus
4.    Amplitudo adalah perpindahan terjauh dari posisi rata-ratanya
5.    Frekuensi pribadi adalah frekuensi dari sistem getaran bebas yang ditentukan oleh sifat dari sistem tersebut.
6.    Resonansi adalah getaran suatu sistem di mana frekuensi gaya eksitasi sama dengan frekuensi pribadi dari sistem sehingga menyebabkan amplitudo yang sangat besar.
7.    Peredam adalah gesekan atau tahanan yang ada dalam spesimen permesinan selama bergetar.
8.    Derajat kebebasan adalah suatu bilangan yang menyatakan jumlah koordinat yang diperlukan oleh suatu sistem untuk menyatakan gerakannya.
9.    Beda fasa, Bila dua buah  gelombang  dengan  persamaan  Ф  = Фm cos ωt dan e = Em sin ωt  dilukiskan secara bersama dalam satu susunan sumbu Cartesius  seperti pada Gambar , maka terlihat bahwa kedua gelombang tersebut tidak mempunyai nilai harga yang sama walau pada waktu (saat) yang sama. Dengan kata lain kedua gelombang tersebut tidak memiliki nilai nol atau nilai maksimum pada waktu yang bersamaan, walaupun periode ataupun frekuensi kedua gelombang tersebut sama.
10.    Torsi adalah getaran sudut dari poros elastis dengan putaran motor yang kaku yang terikat pada poros
11.    Vektor adalah besaran yang mempunyai besar dan arah.
12.    Siklus adalah kejadian yang berlangsung dan berulang terus selama kurun waktu tertentu
13.    Gaya gesek adalah gaya yang melawan gerakan dari dua permukaan yang bersentuhan.
14.    Koefisien gesek adalah Suatu benda yang bergerak pada suatu permukaan benda lain akan mendapat gaya yang arahnya berlawanan dengan arah benda.
15.    Simpangan adalah besarnya perpindahan suatu benda dari posisi awal.
16.    Simpangan max adalah perpindahan suatu benda dari posisi awal maksimum atu tertinggi.
17.    Displacement adalah  ukuran dari pada jumlah gerakan dari pada massa suatu benda, dimana hal ini menunjukkan sejauh mana benda bergerak maju mundur (bolak-balik) pada saat mengalami vibrasi.
18.    Velocity adalah satu indikator yang paling baik untuk mengetahui masalah vibrasi (contohnya unbalance, misaligment, mecanical loosess, dan kerusakan bearing atau bearing defect) pada mesin berkecepatan sedang.
19.    Acceleration adalah parameter yang sangat penting dalam analisis mesin-mesin yang berputar (rotation equipment)dan sangat berguna sekali dalam mendeteksi kerusakan bearing dan masalah pada gearbox berkecepatan tinggi lebih cepat dan lebih awal.

0 komentar:

Poskan Komentar