Getaran Torsi

Getaran torsi adalah sudut periodic poros elastic dengan rotor yang diikatkan kepadanya. Karena kemiripan dan antara getaran lurus dan getaran torsi, maka teori analisa yang di bahas dalam getaran lurusberlaku pula terhadap getaran torsi.
Jenis – Jenis Getaran
1.    Getaran Paksa
Getaran paksa adalah getaran yang terjadi karena adanya gaya luar yang bekerja pada suatu sistem sehingga sistem tersebut bergetar.

2.    Getaran Bebas
Getaran bebas adalah getaran suatu sistem tanpa adanya gaya dari luar yang memaksa terjadinya getaran, melainkan karena adanya keadaan awal yang diberikan sehingga sistem tersebut bergetar. Getaran bebas adalah getaran yang diamati sebagai sistem yang berpindah dari kedudukan keseimbangan statis. Getaran bebas dari sistem memenuhi sistem masa dan sifat elastisitas dan pada kondisi awal tidak bekerja eksitasi dari luas. Gaya yang bekerja adalah gaya bebas gesekan dan berat.

3.    Getaran Harmonik Sederhana
Gerakan/Getaran Harmonik adalah suatu gerakan dari titik yang mengelilingi lingkaran atau getaran dengan amplitudo dan frekuensi yang sama setiap saat. Gerakan harmonik adalah suatu sistem dengan amplitudo dan frekuensi yang sama.

Sumber: Laporan Mekanika Terpakai Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin 2011

2 komentar:

bahrul ulummudin mengatakan...

materi dikit banged mas

Iwan Sugiyarto mengatakan...

Maaf,,belum sempat nambahin lagi,,karena banyak tugas kuliah,,heheh,,
Insya Allah nanti saya tambahi,,.
Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar,,.^_^

Poskan Komentar