Mesin Frais (Milling)

Mesin frais (milling) adalah suatu mesin perkakas yang mengerjakan benda kerja dimana pisau atau pahat frais berputar pada poros utama mesin dan benda kerja dihantarkan ke pisau tersebut, baik dalam arah horizontal, melintang, maupun vertikal.


Jenis-Jenis Mesin Frais
1. Mesin frais universal
Mesin ini adalah terutama sebuah mesin ruang perkakas yang di konstruksi untuk pekerjaan yang sangat teliti.Penampilannya mirip dengan mesin frais jenis datar.Perbedaan adalah bahwa meja kerjanya dilengkapi gerak ke empat yang memungkinkan meja untuk berputar horizontal.


2.    Mesin Frais Vertikal
Mesin ini disebut demikian karena kedudukan yang vertikal dari spindel pemotong. Gerakan mejanya sama seperti pada mesin datar. Biasanya tidak ada gerakan yang di berikan kepada pemotong kecuali gerakkan berputar biasa.

3.    Mesin Frais Jenis Bangku Tetap
Ini adalah mesin produksi dari konstruksi yang kasar.Bangkunya ini adalah benda cor yang kaku dan berat serta menyangga sebuah meja kerja yang hanya memiliki gerakan longitudinal. Penyetelan vertikal di berikan dalam kepala spindel dan suatu penyetelan lintang di buat dalam pena atau ram spindel.

4.    Mesin Frais Jenis Penyerut
Dinamakan jenis penyerut karena kemiripannya dengan penyerut.Benda di bawa pada meja panjang, yang hanya mempunyai gerakan longitudinal, dan di hantarkan terhadap pemotong putar pada kecepatan yang sesuai.

5.    Mesin Serut Patograph
Mesin ini mendapatkan namanya dan sambungan patograf yang digunakan untuk memproduksi dari sebuah pola pada skala yang di perkecil atau di perbesar.

6.    Mesin Frais Meja Berputar
Mesin ini merupakan penyesuaian dari mesin frais vertikal untuk penggunaan yang agak di khususkan operasinya.Pergerakan meja pada mesin inin yaitu berputar.

7.    Mesin Frais Planet
Digunakan untuk menfrais luar maupun dalam dari permukaan ulir pendek.Benda kerja di pegang stasioner dan semua gerakan ujung dilakukan untuk memotong kiri frais kanan dan frais dalam.

8.    Mesin Frais Duplikasi
Produksi dari cetakan bentuk kasar untuk spatour atau panel dari mobil suatu jenis penggunaan dari mesin duplikasi, mesin ini memproduksi suku cadang tanpa merubah ukurannya.


9.    Mesin Frais Pemprofil
Mesin ini digunakan dalam pembuatan profil. Mesin ini merupakan penyesuaian dalam mesin frais vertikal. Mesin profil tangan ini gerakannya dipandu dengan menggerakan meja sehingga pena pemandu bersinggungan dengan suatu bentuk pola.


Jenisjenis Pengerjaan Mesin Frais
1.    Menfrais Datar
Pengerjaan yang dilakukan untuk membuat datar permukaan benda kerja.


2.    Menfrais Sudut
Pengerjaan yang dilakukan untuk membentuk sudut dengan kemiringan tertentu pada benda kerja.

3.    Menfrais Alur
Bentuk atau ukuran pisau frais yang digunakan untuk menfrais alur adalah tergantung dari bentuk alur itu, dalam hal ini kita dapat menggunakan segala alur.

4.    Menfrais Alur T
Menfrais alur T adalah pengerjaan dasar menfrais untuk membentuk alur T atau langkah pertamanya yaitu benda kerja di jalankan dengan alur kemudian alur T nya digunakan frais alur T. cara kerjanya alur T digunakan frais dengan menfrais alur.

5.    Menfrais Ekor Burung
Pengerjaan datar menfrais untuk membentuk alur atau celah ekor burung.Langkah pertamanya yaitu membentuk alur biasa dengan menggunakan frais alur kemudian digunakan dengn frais ekor burung, arah pengerjaan berlawanan arah dengan lontarannya.

Up Milling dan Down Milling
1.    UP Milling
Up milling adalah proses penyayatan benda kerja yang dilakukan oleh pisau frais dimana pisau frais berputar dari bawah ke atas dan arah hantaran mejanya berlawanan arah dengan putaran pisau.


a.    Kelebihan
-    Pisau menyayat benda kerja mulai dari tipis ke tebal agar pisaunya lebih awet.
-    Geram – geram  yang terlempar ke bagian benda kerja yang belum di frais agar hasil lebih halus dan tidak memerlukan pengerjaan tambahan.
b.    Kekurangan
-    Akan menimbulkan getaran yang membuat kebisingan.
-    Hanya memproduksi dalam skala kecil.
-    Permukaan benda keras sehingga menurunkan kualitas produk.
2.    Down Milling
Down milling adalah proses penyerutan benda kerja yang dilakukan pisau frais dimana pisau bergerak dari atas ke bawah dan arah hantaran meja searah dengan arah putaran pisau.

a.    Kelebihan
-    Arah sayatan ke bawah dan adanya meja yang menekan serta lontaran yang searah menyebabkan getaran yang terjadi lebih kecil.
-    Getaran yang terjadi kecil agar gaya hantaran yang menahan diberikan lebih besar agar pengerjaan lebih cepat dan hasil produksi lebih besar.

b.    Kekurangan
-    Pisau sayat benda kerja dimulai dari tebal sampai tipis sehingga pisau kurang awet selain itu daya yang dibutuhkan besar.
-    Geram terlempar ke daerah benda kerja yang di suruh di frais sehingga hasilnya kasar dan menentukan pengerjaan tambahan.

11 komentar:

Hema Lavigne Abbey CrossboneZ mengatakan...

terimakasih atas artikelnya ..

Iwan Sugiyarto mengatakan...

Sama2,,.Terima kasih atas kunjunganx,,

Dadan Setiawan mengatakan...

hatur nhun gan...

Firda Rahmadani mengatakan...

mas boleh tau daftar pustakanya dan sumbernya

ellery tambunan mengatakan...

sumbernya dari mana gan?

PUSPA DEWI RAHMAWATI mengatakan...

harga mesin frais universal berapa??

kelas a mengatakan...

boleh disertain gk sumbernya?thx

budidalimo mengatakan...

harga mesin frais berapa?

febrian fajar pesilat PSPA mengatakan...

sumber dari mana gan
tanks

budi larso mengatakan...

thanks infonya gan, jika berkenan kunjungi blog artikel teknik mesin saya

Anonim mengatakan...

tulisannya gk jelas gan

Poskan Komentar