Proses Pembentukan Gunung dan Fungsinya

Silih bergantinya musibah di Negeri tercinta kita ini, terutama musibah erupsinya gunung Sinabung dan Gunung Kelud yang belum lama terjadi, Membuat Negeri ini sangat berduka, dan tidak menutup kemungkinan gunung-gunung yang lain ikut aktif dan mengeluarkan lava panasnya. Semoga itu semua menjadi pelajaran bagi kita semua, Agar kita kembali kepada Jalan Sang Pencipta, sehingga Negeri ini menjadi negeri yang diberkahi, aamiin.
Menimbang dari itu, kemudian saya berfikir, bahwa ini adalah teguran dari Allah tuk hamba-Nya, lalu saya mencari-cari tentang ayat-ayat yang menjelaskan
tentang gunung, justru saya dapatkan bagaimana proses kejadian Gunung, dari situlah saya terjelaskan dan berfikir bagaimana Gunung-gunung erupsi silih berganti.

Penasihat bidang ilmu pengetahuan di era kepemimpinan Presiden AS Jimmy Carter itu sempat menulis buku berjudul "The mountains, like pegs, have deep roots embedded in the ground.” Lewat buku "Gunung, seperti pasak, berakar di dalam tanah" itu, Press mengungkapkan apabila gunung dibelah berbentuk irisan maka akan terlihat akar atau alur bersama lava yang mengikat kuat di dasar tanah. 

Ia juga mengungkapkan fungsi gunung yang memainkan peran penting dalam menstabilkan kerak bumi. Hasil penelitian ilmiah itu sebenarnya sudah disebut dalam kitab suci Alquran, sejak 1400 tahun yang lalu. Penemuan Press itu membuktikan bahwa Alquran adalah mukjizat dan firman Allah SWT.

Simaklah Alquran surah Al-Anbiya ayat 31: “Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka…” Dalam surah Al-Naba ayat 6-7, Allah SWT berfirman, "Bukankan telah Kami jadikan bumi sebagai hamparan. Dan Kami jadikan gunung-gunung sebagai pasak?" Mengapa gunung diistilahkan sebagai pasak? Menurut Prof Press, sebenarnya, kerak bumi mengapung di atas cairan. Lapisan terluar bumi membentang 5 km dari permukaan. Kedalaman lapisan gunung menghujam sejauh yang 35 km. Dengan demikian, pegunungan adalah semacam pasak yang didorong ke dalam bumi.

"Jadi gunung inilah yang berfungsi sebagai pasak untuk menstabilkan kerak bumi," ungkap  Prof Press.

Hal senada juga diungkapkan Profesor Siaveda,  ahli geologi dari Jepang. Menurut Siaveda, ketika lempengan bumi saling bertumbukkan, makalempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya. Sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung. Inilah yang mengikat kuat di dasar permukaan bumi.
Menurut penemuan ini, gunung-gunung muncul sebagai hasil pergerakan dan tumbukan dari lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Ketika dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya, sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung. Lapisan bawah bergerak di bawah permukaan dan membentuk perpanjangan yang dalam ke bawah. Ini berarti gunung mempunyai bagian yang menghujam jauh ke bawah yang tak kalah besarnya dengan yang tampak di permukaan bumi.

Simak firman Allah dalam surah An-Nahl ayat 15 ini: "Dan Dia menancapkan gunung gunung di bumi supaya bumi ini tidak berguncang bersama kamu." 

Peran penting gunung yang ditemukan oleh ilmu geologi modern dan penelitian gempa, telah dinyatakan dalam Al Qur’an berabad-abad lampau sebagai suatu bukti Hikmah Maha Agung dalam ciptaan Allah.

Semoga kita bisa Mengambil Pelajaran-pelajaran rentetan musibah yang telah terjadi, agar Hidup tak sekedar hidup, mampu mengetahui tujuan kita Hidup dan diciptakan dimuka bumi ini.
Semoga Bermanfaat.


Referensi:
Al-Qur'an & Hadits

http://dzakibelajar.blogspot.com/2013/01/bentuk-muka-bumi.html
http://geografi-geografi.blogspot.com/2012/02/aktivitas-magma-gunung-api.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Magma
http://www.keajaibanalquran.com/earth_mountains.html
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/03/06/m0gezn-subhanallah-inilah-mukjizat-alquran-tentang-rahasia-gunung

0 komentar:

Poskan Komentar