Viscosity (Kekentalan)

Assalamu'alaikum, Alhamdulillah pada kesempatan yang sangat sibuk seperti saat ini, yakni Praktikum di kampus, masih ada kesempatan buat berbagi lagi di blog sederhana ini. Kali ini saya mencoba merefresh kembali pelajaran waktu SMK dulu, dengan catatan-catatan yang mungkin masih sangat banyak kekurangannya. Tapi saya selalu berharap, semoga bermanfaat bagi kita semua. aamiin.
Baiklah langsung saja ke pembahasan.


Definisi viskositas
Viscosity atau viskositas adalah hambatan terhadap oli untuk mengalir pada temperature tertentu.
Jika zat cair mengalir dengan mudah, maka berarti mempunyai viskositas yang rendah, zat cair yang tidak mudah mengalir berarti mempunyai viskositas  yang tinggi.

Viskositas zat cair dipengaruhi oleh temperatur, bilamana zat cair menjadi lebih panas, maka viskositasnya akan menjadi lebih rendah, begitu juga bilamana zat cairnya menjadi lebih dingin maka viskositasnya akan naik.

Contoh yang sangat mudah ialah minyak sayur, dimana viskositas akan berubah bila temperaturnya berubah, bila minyak sayur ada dalam kondisi dingin maka dia akan terasa ketal dan lambat untuk dituangkan. Setelah dipanaskan, maka minyak tersebut akan menjadi lebih encer dan mudah dengan cepat dituangkan.

Viscosity Index
Viscosity Index (VI) adalah ukuran kekentalan zat cair seiring dengan berubahnya temperature. Jika zat cair relative tetap di berbagai temperature, maka dikatakan zat cair tersebut mempunyai VI yang tinggi. Jika zat cair menjadi lebih kental pada temperature rendah dan sangat encer pada temperature tinggi, maka zat cair tersebut mempunyai VI yang rendah. Pada kebanyakan hydraulic system fluida dengan VI yang rendah.

Fluida Tahan Api
Ada 3 macam fluida tahan api:
1.       1. Water glycol
2.       2. Water air emulsion
3.       3. Synthetic
Water glycol fluid  berisi 35-50% air (water inhibit burning), glycol (synthetic chemical hamper menyerupai anti freeze) dan water thickener additive ditambahkan kedalam fluida untuk memperbaiki lubrikasi dan untuk mencegah korosi dan berbuih. Water glycol fluid lebih berat dibanding dengan oil dan bisa menyebabkan pump cavitation pada kecepatan tinggi. Fluida ini bisa bereaksi dengan metal tertentu dan seal. Selain itu juga tidak bisa digunakan / dicampur dengan beberapa cat.

Water oil emulsion, paling mahal dari semua fluida tahan api. Maka tidak heran jika banyak perusahaan oli lebih memilih yang synthetic.

0 komentar:

Poskan Komentar