Teknopreneurship 1

Membangun mimpi dan berusaha untuk mewujudkannya.
Lapangan kerja sangat terbatas, berbanding terbalik dengan para pencari kerja, sehingga diperlukan adanya keterampilan dan berjiwa entrepreneur untuk menciptakan lapangan kerja.

Sebuah kisah yang perlu dijadikan renungan, seorang alumni Teknik mesin Universitas Hasanuddin juga, beliau diterima disalah satu perusahaan Jepang, suatu waktu dia bermimpi ingin mempunyai perusahaan sendiri, sehingga dia kerahkan waktu dan tenaganya untuk mempelajari dari perusahaan tersebut. Dan akhirnya, dengan hasil kerja kerasnya, dia mampu meraih mimpi yang dia inginkan. Dan setelah itu, iapun berkeinginan untuk memiliki Perusahaan Jepang tersebut. Inilah salah satu contoh, dengan bermimpi dan usaha yang keras, mimpi itu terwujud. Bukan Cuma sekedar pemimpi.
 
Wirausaha adalah suatu pribadi yang mampu melihat peluang dan berusaha keras mewujudkannya menjadi kenyataan.

Bapak Najib, dengan gajinya 15 juta perbulan, ia rela tinggalkan, dan beralih profesi menjadi pengekspor ikan teri, karena beliau mampu melihat peluang usaha. Sehingga dengan usahanya yang begitu keras, beliau sekarang telah memiliki 23 perusahaan dan menyerap karyawan kurang lebih 20.000 orang.
Jangan takut akan kegagalan, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tapi awal untuk mencapai kesuksesan. Bapak Najib, sewaktu pengiriman (ekspor) ikan teri pertama kalinya, beliau mengalami kegagalan, kerugian yang cukup besar. Tapi dengan kegagalan tersebut, beliau semakin bersungguh-sungguh dalam menekuni usahanya, selalu memikirkan apa-apa yang belum dilaksanakan sehingga usaha tersebut gagal. Jadi jangan pandang besar kecilnya usaha kita, sehingga mengalami kegagalan, tapi perhatikan, apa-apa saja yang belum kita kerjakan sehingga usaha tersebut mengalami kegagalan.
Salah satu mantan Presiden Indonesia, yakni Bapak BJ. Habibie, mengajarkan kepada kita, yaitu beliau membuat pesawat dan menukarkannya, satu pesawat dengan beras ketan kepada Thailand. Dengan penguasaan teknologi, satu pesawat saja bisa ditukarkan dengan berpuluh-puluh ribu ton beras ketan.

Inovasi adalah kunci penting dalam keberhasilan suatu usaha.
Inovasi yaitu pengembangan dari yang telah ada atau dari yang belum ada menjadi ada. Ataupun upaya penyempurnaan kepada sesuatu yang lebih baik.
Jika memiliki usaha, tanpa ada inovasi, maka tunggulah ditumbangkan oleh orang lain.
Kreatifitas melahirkan Inovasi, dan kreatifitas terbentuk dari tantangan.

0 komentar:

Poskan Komentar