Hujan adalah Rahmat

Seperti kita ketahui bersama, dibelahan bumi Indonesia, bahkan bisa dibilang seluruh wilayah Indonesia saat ini tengah mengalami musim hujan. Bahkan akhir-akhir ini ketika aku keluar rumah pasti harus pake mantel hujan, di Makassar tiap hari hujan.



Namun fenomena sekarang, kebanyakan orang ketika menyikapi hujan, lebih banyak mengeluhnya ketimbang senangnya. Apapun alasan ataupun profesi mereka, banyak yang tidak senang ketika turunnya hujan. Bahkan yang lebih memprihatinkan lagi ada dari mereka yang melaknat akan turunnya hujan.

Padahal Allah pun telah menyebutkan bahwa hujan itu adalah rahmat, seperti ayat-ayat dibawah ini:

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS. Asy Syuura: 28).

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS. Qaaf: 9).

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al Anbiya’: 30).

Ayat-ayat diatas menunjukkan bahwa hujan adalah rahmat yang diturunkan oleh Allah untuk kemakmuran hamba-hamba-Nya. Jadi tak selayaknya kita mengeluh ataupun sampai melaknat makhluk Allah yang bernama hujan.

Mungkin kita merasa terganggu dengan adanya hujan. Segala aktifitas kita jadi terhambat karena turunnya hujan. Bahkan menjadi tak bisa bekerja karena hujan, misalnya penjual es. Namun dibalik itu semua, pasti ada hikmah yang Allah berikan.

Kalau pekerjaan kita adalah yang berlawanan dengan hujan, misalnya penjual es tadi, maka masih banyak pekerjaan yang menguntungkan karena adanya hujan, misalnya jualan makanan atau minuman yang panas, atau dengan berjualan alat pelindung hujan. Siapa tau dengan beralih seperti itu, Allah hendak memberikan rezki yang lebih besar ketimbang jualan es, Wallahu musta'an. Dan apapun alasan lainnya, pasti itulah yang terbaik yang Allah berikan.

Namun bagaimana jika hujan membuat banjir bandang, dan menenggelamkan rumah-rumah warga. Maka disaat turun hujan, kita dianjurkan untuk berdo'a:
Allahumma soyyiban nafi'an, yang Artinya, Ya Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat."(HR. Bukhari & Muslim)

Ow iyah, disaat hujan adalah salah satu waktu mustajabnya do'a, dalam hadits disebutkan bahwa:
“Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”(HR. Imam Syafi'i dan Al-Baihaqi)
juga dalam hadits lain:
“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.”(HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Gimana, masih mau mengeluh dengan hujan,,,???^_^

0 komentar:

Poskan Komentar