Sunnah-Sunnah di hari Jum'at

Hari Jum'at merupakan hari istimewa bagi kaum muslimin. Karena keagungan dan keutamaan yang sangat banyak pada hari itu, maka sebagai seorang muslim, tentunya tidak akan membiarkan hari Jum'at berlalu begitu saja tanpa makna dan tanpa bisa menuai pahalanya.

Berikut ini Rangkuman sunnah-sunnah di hari Jum'at:


1. Membaca Surat as-Sajadah dan al-Ihsan Pada Sholat Subuh
Dari Abu Hurirah radhiallahu 'anhu berkata, "Adalah Nabi صلي الله عليه وسلم membaca pada sholat Subuh hari jum'at Surat as-Sajdah dan Surat al-lnsan."(HR. Bukhari)

Al-Imam Ibnul Qoyyim رحمه الله mengatakan, "Aku mendengar guru kami, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah رحمه الله berkata, 'Nabi صلي الله عليه وسلم membaca dua surat ini karena kandungannya berisi penciptaan Adam عليه السلام, penyebutan hari kiamat dan kebangkitan para makhluk, dan hal itu semua terjadi pada hari Jum'at. Seolah-olah membaca dua surat ini adalah peringatan kepada umat akan apa yang telah dan akan terjadi.'"

2. Memperbanyak Sholawat Kepada Nabi صلي الله عليه وسلم
Dari Aus bin Anas bahwasanya Nabi صلي الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan. Pada hari itu juga ditiupnya sangkakala. Maka perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari itu, karena sholawat kalian akan ditujukan kepadaku. Para sahabat bertanya, 'Bagaimana sholawat itu ditujukan kepadamu padahal engkau telah menjadi tanah?' Nabi صلي الله عليه وسلم menjawab, 'Sesungguhnya Alloh mengharamkan bumi untuk memakan jasad-jasad para nabi.'"(HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan An-Nasai, dishahihkan oleh Al-Albani)

3. Membaca Surah Al-Kahfi
"Barang siapa membaca Surat al-Kahfi pada hari Jum'at, maka Alloh akan meneranginya di antara dua Jum'at."(HR. Al-Baihaqi dan Hakim)

4. Memperbanyak Do'a
“Sesungguhnya pada hari Jum'at ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim mendapatinya dan dia sedang sholat memohon sesuatu kepada Alloh, melainkan Alloh akan mengabulkan permohonannya tersebut."(HR. Bukhari dan Muslim)

6. Mandi seperti mandi junub
"Mandi pada hari Jum'at adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh. Hendaknya dia bersiwak dan memakai parfum jika memiliki.”(HR. Bukhari & Muslim)

7. Memakai parfum, minyak rambut dan bersiwak
"Tidaklah seorang mandi pada hari Jum'at dan bersuci menurut kemampuannya, kemudian memakai parfum dan minyak rambut, kemudian berangkat sholat dan tidak memisahkan di antara dua orang, kemudian sholat yang ditentukan baginya, dan ketika imam memulai khotbahnya dia diam dini mendengarkan, maka akan diampuni dosanya dari Jum'at ke Jum'at yang lain."(HR. Bukhari dan Muslim)

8. Memakai baju yang paling bagus
"Barang siapa mandi pada hari Jum'at dan memakai baju paling bagus, memakai parfum jika punya, kemudian mendatangi sholat Jum'at….”(HR. Abu Dawud, Ahmad, Hakim, Ibnu Hibban dan dihasankan oleh Al-Albani)

9. Bersegera Berangkat Menuju Masjid
"Apabila hari Jum'at, malaikat berdiri pada setiap pintu masjid. Mereka menulis orang yang datang pertama dan yang setelaknya dan yang setelaknya. Permisalan orang yang datang pagi-pagi seperti orang yang berkurban dengan seekor unta. Orang yang datang setelaknya seperti berkurban dengan seekor sapi. Yang datang selelahnya seperti berkurban dengan seekor domba. Yang datang setelahnya seperti berkurban dengan seekor ayam. Yang datang setelaknya seperti berkurban sebutir telur. Apabila imam telak memulai khotbahnya, malaikat melipat lembaran catatannya untuk mendengarkan khotbah."(HR. Bukhari dan Muslim)

10. Meninggalkan Perniagaan Ketika Telah Datang Waktu Sholat Jum'at
“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Alloh dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. al-Jumu'ah [62]: 9)

11. Shalat Tahiyatul Masjid sebelum duduk
Jabir bin Abdillah رضي الله عنهما berkata, "Ada seseorang yang masuk masjid pada hari Jum'at sedang Nabi صلي الله عليه وسلم berkhotbah. Nabi صلي الله عليه وسلم bertanya kepadanya, Apakah engkau sudah sholat dua roka'at?' Dia menjawab, 'Belum.' Lantas Nabi صلي الله عليه وسلم berkata kepadanya, 'Sholatlah dua roka'at terlebih dahulu.'"(HR. Bukhari dan Muslim)

12. Duduk dekat Khatib
"Barang siapa mengumpuli istrinya, mandi pada hari Jum'at, berpagi-pagi berangkat sholat dengan berjalan tidak naik kendaraan, kemudian duduk dekat khotib, diam mendengarkan khotbah dan tidak berbuat sia-sia, maka baginya setiap langkah yang diayunkan seperti pahala puasa dan sholat setahun."(HR. Ahmad, Tirmdizi, An-Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah)

13. Shalat Sunnah semampunya sampai Khatib datang
"Barang siapa mandi kemudian mendatangi sholat Jum’at, sholat semampunya, dan diam hingga selesai khotbah dan sholat bersama imam, maka baginya ampunan antara Jum’at dengan Jum’at berikutnya dan tambahan tiga hari."(HR. Muslim)

14. Tidak melangkahi pundak manusia
"Barang siapa mandi pada hari Jum’at dan memakai baju paling bagus, memakai parfum jika punya, kemudian mendatangi sholat Jum’at dan tidak melangkahi pundak manusia, lalu sholat semampunya, kemudian diam bila khotib sudah datang sampai dia se-lesai sholatnya, maka hal itu sebagai penghapus dosa antara Jum’at hari itu dengan Jum’at sebelumnya."(HR. Abu Dawud, Ahmad, Hakim, Ibnu Hibban, dihasankan oleh Al-Albani)

15. Tidak berbicara ketika khatib sedang berkhutbah
"Apabila engkau berkata kepada saudaramu pada hari Jum’at, 'Diamlah', sedang imam berkhotbah, maka sungguh engkau telah berbuat sia-sia."(HR. Bukhari dan Muslim)

16. Shalat Sunnah setelah selesai Shalat Jum'at
"Jika kalian sudah selesai sholat Jum’at, maka hendaklah sholat empat roka'at setelahnya."(HR. Muslim)

Demikianlah beberapa Sunnah dari Hari Jum'at, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi diri kami pribadi.

3 komentar:

Media Kita mengatakan...

terima kasih atas infonya. semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua, amin.

Iwan Sugiyarto mengatakan...

Terima kasih juga atas kunjungan & Komentarnya,,.
Aamiin,,.

Unknown mengatakan...

Syukran,
Izin copas

Poskan Komentar