Ayat-Ayat Ghoribah

Yang dimaksud ayat-ayat ghoribah ialah ayat-ayat yang asing dalam Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an ada 4 ayat yang asing, asing disini ialah cara membacanya. Berikut ayat-ayat ghoribah yang kami dapatkan sewaktu Kajian semalam.

1. Imalah
Bacaan imalah ini terdapat dalam Surah Huud ayat 11:

 وَقَالَ ارْكَبُواْ فِيهَا بِسْمِ اللّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

 Yang dimaksud bacaan imalah pada ayat diatas ialah pada bacaan مَجْرَاهَا. Jadi sewaktu membaca kalimat ini ialah dengan merubah a pada ro menjadi e. Yakni Majreha, dan bukan majroha.

2. Isymam
Bacaan isymam ini terdapat dalam surah Yusuf ayat 11
قَالُواْ يَا أَبَانَا مَا لَكَ لاَ تَأْمَنَّا عَلَى يُوسُفَ وَإِنَّا لَهُ لَنَاصِحُونَ

 Isymam ini terdapat dalam kata مَنَّا. Saat membaca kata ini, maka kedua bibir diayunkan (dimajukan) tanpa merubah suara.

3. Tasyhil
Bacaan tasyhil terdapat dalam surah Fussilat ayat 44
وَلَوْ جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا أَعْجَمِيًّا لَقَالُوا لَوْلا فُصِّلَتْ آيَاتُهُ أَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ وَالَّذِينَ لا يُؤْمِنُونَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُولَئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ بَعِيدٍ

Tasyhil ini ialah pada kata أَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ. Dalam kata ini terdapat dua alif berfathah. Cara membacanya yaitu dengan menyederhanakan atau menyeret satu alifnya. Jadi dibaca aa'jamiyyuwwa'arbiy, dan bukan a a'jamiyyuwwa'arbiy.

4. Naql
Yakni terdapat dalam surah Al-Hujurat ayat 11
بِئْسَ الاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الإيمَانِ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ...

Dalam beberapa cetakan Al-Qur'an ada yang masih menyebutkan sebagai hukum bacaan naql, ada yang tidak. yang dimaksud naql ini adalah terdapat dalam kata بِئْسَ الاسْمُ. Cara membacanya ialah langsung bi'salismu, dan bukan bi'sal ismu.

Demikianlah sharing dari kami, jika terdapat kesalahan mohon dikoreksi. Semoga Allah senantiasa merahmati kita dengan mempelajari firman-firman-Nya. aamiin.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mohon di lengkapi, biar semua tau mana saja bacaan bacaan ghoribah itu

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Admin mengatakan...

Afwan sedikit koreksi : Bacaan imalah yangbnar pada surat Huud ayat 41. Bukan ayat 11. barakaallahu fiikum

Posting Komentar