PRINSIP KERJA MOTOR 2 TAK

Assalamu’alaikum,,,pada kesempatan kali ini, sesuai janji saya,,saya akan melanjutkan pembahasan yang lalu mengenai “Prinsip Kerja motor 4 Tak. Langsung saja yah,,

a. Langkah Hisap dan Kompressi
Setengah putaran pertama / 180°, piston bergerak dari Titik Mati Bawah (TMB) ke Titik Mati Atas (TMA).

    - Dibawah Piston
Selama langkah piston menuju TMA, ruang engkol akan membesar dan menjadikan ruang tersebut hampa atau vakum. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar dapat mengalir dan bercampr dengan bahan bakar dikarburator yang selanjutnya masuk keruang engkol.
     - Diatas Piston
Selama proses ini, piston bergerak menuju TMA. Bila kedua saluran yakni saluran bilas (transfer port) dan saluran buang (exhaust port) tertutup, maka proses langkah kompressi mulai. Dengan gerakan piston terus keatas mendesak gas baru yang sudah masuk sebelumnya, membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai titik mati atas, busi akan meletikkan bunga api dan mulai membakar campuran gas tadi. Langkah ini disebut langkah kompressi.

b. Langkah usaha dan Buang
Setelah putaran kedua / 360°, piston bergerak dari TMA ke TMB.
      - Diatas Piston
Pembakaran mengakibatkan ledakan yang menghasilkan tenaga dan mendesak piston bergerak menuju TMB. Langkah ini disebut langkah usaha. Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB, lubang buang (exhaust port) terbuka oleh kepala piston, gas-gas bekas keluar melalui saluran buang. Langkah ini disebut langkah buang.
      - Dibawah Piston
Beberapa derajat selanjutnya setelah saluran buang dibuka maka saluran bilas (transfer / scavenging port) mulai terbuka oleh tepi piston. Gas baru yang berada dibawah piston terdesak dan mengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bakar sambil membantu mendorong gas keluar. Proses ini disebut Langkah pembilasan.

Inilah bagaimana prinsip kerja Motor 2 Tak (Langkah), semoga bermanfaat.,,,

0 komentar:

Poskan Komentar