TARBIYAH

Materi ini telah lama saya dapatkan, yakni saat pertama kali ikut Tarbiyah. Namun baru sempat saya arsipkan. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari tulisan ini.

- Pengertian Tarbiyah
Secara bahasa, Tarbiyah adalah tumbuh dan berkembang. Adapun secara istilah, Tarbiyah adalah mengantarkan sesuatu kepada batasan kesempurnaan setahap demi setahap.
Karena Islam ini tidak akan bisa dipelajari secara keseluruhan hanya dalam sekejap.

Perngertian tarbiyah yang lain adalah merupakan suatu kegiatan pimpinan keislaman yang berjalan secara intensif dan bertujuan untuk melahirkan pribadi-pribadi muslim.

Landasan dalam melakukan tarbiyah (Al-Qur'an, Hadits maupun Atsar dari para Sahabat).
•    Tarbiyah adalah misi utama diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dimuka bumi.
“Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rosul diantara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka kitab dan hikmah (As-Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumna benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”(Al-Jumu’ah:2)

•    Tarbiyah sudah dikenal dari dulu, bahkan sebelum datangnya Rosulullah. Allah berfirman :
“Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al-kitab, Hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia, “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah. Akan tetapi (dia berkata), hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani karena kamu selalu mengajarkan Al-Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.”(QS.Ali Imran : 79)

•    Rosulullah pernah membina para sahabatnya di daur Arkham bin Arkham, dan Rosulullah mengajarkan Islam secara bertahap.

•    Rosulullah mengutus sahabatnya Muadz bin Jabal ke Negeri Yaman dan Rosulullah memerintahkan yang pertama kali didakwahkannya adalah kalimat lailahaillallah.

-    Tujuan Umum Tarbiyah
a.    Mendapatkan keridhoan Allah
b.    Membentuk pribadi yang muslim
c.    Terbentuknya masyarakat yang Islami
d.    Tegaknya hukum Islam dibumi.

0 komentar:

Poskan Komentar